Kamis, 06 Januari 2011

Input-Output = Membaca-Menulis & Mencerahkan Umat

Oleh Ayatulloh Marsai

Sabtu, 01 Januari 2011
14:59

Teori input-output dalam membaca-menulis saya kenal lag-lagi dari guru saya Hernowo Hasyim. Dari catatan dia di facebook, judulnya “Belajar dari Tulisan Sendiri, karya Juli-Desember 2010”. Dia mengatakan: “semakin banyak pemasukan maka semakin banyak pengeluaran”. Dalam kegiatan berkarya, khususnya menulis, kalimat itu berarti: “semakin banyak membaca [tentu dalam pengertian yang luas], semakin mungkin untuk bisa banyak menulis”. Dengan kata lain, semakin menguatkan pendapat, bahwa kegiatan menulis tidak bisa dipisahkan dari membaca.

Hentakkan dalam diri saya juga kembali terjadi, ketika dia mengutip ayat dari surat al-alaq: iqra’ warabbukal aqram. Tentu ayat ini sudah berkali-kali saya baca, terutama ketika melaksanakan shalat subuh, tetapi yang menyadarkan saya tentang maknanya adalah rangkaian kata “sang pengikat makna”, Bapak Hernowo, bahwa dengan membaca sungguh-sungguh kita akan diberi kemuliaan oleh Allah.

Membaca, menurut Bapak Quraisy Shihab adalah proses menghimpun makna dari segala sesuatu yang ada di alam ini. Nah lo, sekarang, apa bedanya antara “input” dalam istilah Hernowo dengan “menghimpun makna” dalam istilah Pak Quraisy untuk menafsirkan “iqra” dalam surat al-alaq ini? Sama saja! Sama-sama mengambil pemahaman dari luar, baik tertulis maupun tidak tertulis, kemudian diambil manfaat dan maslahatnya untuk “rahmatan lil alamin”.

Nah, dalam tindakan lebih lanjut, setelah diamalkan, manfaat lebih luas bisa didapatkan lewat hasil pembacaan yang dituliskan, dibukukan dan dipublikasikan. Maka public (umat) bisa mengakses “produk pemahaman” atau “hasil pembacaan” kita. Maka dari proses tersebut sebetulnya sudah terjadi proses pencerahan terhadap umat. Atau dalam bahasa yang umum, sudah terjadi proses dakwah, atau mengajak kepada agama. Jadi, menuliskan hasil pembacaan, atau dalam bahasa Mas Hernowo, output, termasuk “dakwah” dalam bahasa agama. [ayatbanten].

Tidak ada komentar:

Posting Komentar