Selasa, 24 Juli 2012

Tentang Metode Belajar Sejarah #1


24 July 2012

Oleh Ayatulloh Marsai

Harus saya akui selama ini hanya terpaku pada satu metode pengajaran, yakni ceramah. Klasik bukan! Ya, metode ini bukan tidak perlu, tetapi yang dibutuhkan adalah metode yang vareatif saja, jangan terpaku pada satu metode. Saya membaca pagi ini sebuah buku, “Teaching of History,” S. K. Kocchhar. Ia menekankan bahwa perlu metode buku teks dan kisah (hi, bacanya baru sampai sini!)

Metode buku teks, menekankan kepada peserta belajar untuk belajar memahami teks. Lebih ditekankan kepada bagaimana penulis menafsir peristiwa sejarah. Kata penulis buku ini, sering kita membaca teks hanya terjebak pada data-data dan fakta-fakta tanpa membaca lebih lanjut bagaimana interpretasi penulis terhadap data-data dan fakta tersebut.

Metode kedua, yang saya baca pagi ini adalah metode kisah dan cerita. Penulis memasukan metode ini ke wilayah seni, karena metode ini membutuhkan kemampuan seni seorang guru untuk menjadi narrator yang lihai dengan ekspresi sebagai seorang actor dalam kisah tersebut. Waduh, mesti belajar keras nih!

_Karangtengah_sawah. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar